Dukung Rapat Pleno DPP, AGRA Pangalengan Lakukan Gerakan Gotong Royong

174
BERBAGI

Pangalengan – Sekitar 20 massa terdiri dari anggota dan Pimpinan Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA) Ranting Desa Sukamanah I, melakukan gerakan Gotong Royong pada hari Minggu 26 Maret 2017. Gerakan ini ditujukan untuk membantu pekerjaan di lahan salah satu pimpinan Anak Cabang Pangalengan (Bung Supratman) yang sedang menjalankan tugas organisasi sebagai Delegasi peserta Pleno Pimpinan Pusat AGRA di Jakarta (24-29 Maret 2017).

Gotong royong diadakan di atas lahan yang terletak di blok Kidul (Selatan) tanah Sampalan dan kerja gotong-royong dijalankan dalam bentuk membersihkan rumput (ngoret) selama kurang lebih 2 jam. Aktifitas ini dipimpin langsung oleh ketua Ranting Desa Sukamanah I, Pak Ubus.

Gerakan gotong royong adalah bentuk solidaritas anggota AGRA kepada delegasi peserta pleno agar lahan produksi tidak terlantar. Pada peiode sebelumnya, organisasi AGRA Pangalengan memiliki masalah dalam hal: anggota organisasi ketika menjalankan tugas kerja ekspansi organisasi maupun bertugas menghadiri pertemuan wilayah atau nasional, lahan produksi dan keluarganya terlantar sehingga melahirkan masalah tersendiri. Namun masalah ini sekarang bisa dipecahkan. Gerakan gotong royong dan dana solidaritas sebagai jawaban atas masalah tersebut.

Selain gerakan gotong royong di lahan anggota, seluruh anggota AGRA Pangalengan di bawah seruan Pimpinan Anak Cabang AGRA Pangalengan, menggalang iuran solidaritas untuk keperluan transportasi delegasi peserta pleno dan juga keperluan keluarga yang ditinggalkan. Tunjangan keluarga yang ditinggalkan ditetapkan Rp 50.000/hari atau total Rp 300.000/KK selama acara berlangsung.

Gerakan gotong-royong adalah bentuk solidaritas untuk memperkuat persatuan dan mengikis setahap demi setahap pikiran dan watak individualisme, dengan terus meningkatkan semangat keja kolektif di antara kaum tani. Gerakan gotong royong ini dilakukan secara rutin oleh AGRA Pangalengan, setiap hari Minggu, dengan tujan untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak, juga sebagai media konsolidasi kaum tani Sampalan untuk terus memperhebat perjuangan melawan upaya pecah belah oleh tuan tanah.

Gotong royong dimulai dari jam 07.00 WIB dan selesai pada pukul 09.00 WIB, Diawali dengan membersikan rumput di lahan Bung Supratman, selaku Sekjen PAC AGRA Pangalengan dan delegasi peserta Pleno. Kemudian dilanjutkan mengecek lahan dua kawan lainnya, yang juga sebagai peserta pleno, yakni lahan Bung Isep dan Bung Didin untuk segara dibantu dalam pengerjaannya. Gerakan gotong royong ini diakhiri dengan brifing untuk menilai dan menetapkan gerakan gotong-royong di Minggu berikutnya serta sebagai forum pemompa semangat dan seruan untuk mengajak dan mempropagandakan keseluruh anggota AGRA dan Kaum Tani secara umum untuk terlibat aktif dalam kegiatan gotong royong sebagai bentuk persatuan Kaum Tani.

“Kita akan terus menggalakan gotong royong ini, sebagai jawaban atas persoalan lahan yang ditinggal oleh penggarapnya dikarenakan sedang menjalankan tugas organisasi. Dan kita juga akan terus mempropagandakan serta mengajak seluruh anggota dan ranting lain untuk terlibat aktif dalam gerakan gotong royong, sebagai bentuk dari kuatnya persatuan rakyat”, Ujar Pak Ubus selaku ketua Ranting Sukamanah I ketika memberikan arahan kepada massa yang ikut gotong royong .

“Luangkan  waktu minimal dua jam dalam 1 minggu, untuk gotong royong dan kerja bakti di lahan, kerana ini adalah sebagai awalan yang baik untuk menggerakan anggota supaya terlibat dalam gerakan gotong royong !”,  demikian seruan Pak Ubus kepada seluruh anggota AGRA Pangalengan.